Organisasi

Perjalanan Program Studi Prancis

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Tinta emas yang mencatat perjalanan panjang kami terukir sejak tahun 1952. Tepat dua tahun setelah Fakultas Sastra Universitas Indonesia berdiri pada tahun 1950. Enam puluh tiga tahun silam, kami lahir membawa idealisme untuk mendidik manusia Indonesia yang berkarakter, tangguh, berwawasan luas, dan memiliki visi untuk membangun bangsa. Kami menebar asa untuk turut membesarkan Universitas Indonesia sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia. Asa yang tentu tak mudah untuk digapai. Tantangan dan hambatan yang kami hadapi tidaklah ringan. Kadang terjal, tapi tak jarang pula jalan yang ditempuh sangatlah curam. Meski demikian, kami sadar bahwa realitas objektif sebuah perjalanan ‘mimpi’ takkan pernah mudah. Ada kisah pilu, tapi tak sedikit cerita bahagia yang kami rasakan. Sepanjang perjalanan, kami pernah mengalami kekecewaan saat harus berpisah dengan Program Diploma III Bahasa Prancis yang telah kami bangun selama 30 tahun! Rentang 1977-2007 adalah waktu penceritaan yang sangat panjang dan bertumpuknya memori yang takkan pernah terlupa dari ingatan. Kisah sedih juga kami rasakan saat guru, rekan, kolega, sahabat, dan teman sejawat terpaksa harus berhenti berjuang bersama lantaran masa pengabdiannya usai. Pun rasa kehilangan yang sangat dalam pernah kami rasakan atas kepergian sahabat dan guru-guru kami yang tak kuasa menolak kehendak-Nya. Secara khusus kami ucapkan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Prof. Dr. Vreede, Tien Waworuntu, Drs. Soetomo Mangoenrahardjo, Dra. Tjoa Lian Keng Nio, Dra. Yolanda Han, Dr. Johanes Kadjat Hartojo, Nurul Soesilo Oetomo, M.Hum., Drs. Sjahril Nursal, Dra. Edlina Hafmini Eddin, Dr. Muridan Satrio Widjojo, M.A. yang telah pergi membawa banyak jasa dan kenangan. Tak ketinggalan, kami ucapkan penghargaan yang tentu tak cukup dapat melukiskan rasa terima kasih kami kepada para pengajar yang pernah hadir mengisi hari-hari sibuk di ruang jurusan dan turut membekali para mahasiswa dengan ilmu yang bermanfaat. Akhir kata, perjalanan kami masih sangat panjang. Perjuangan belum berakhir. Kami ingin berbuat yang terbaik bagi keluarga besar kami, fakultas, universitas, dan tentu saja Indonesia tercinta.

image

Kebersamaan adalah kunci utama dalam mengemban tugas berat sebagai pendidik dan pengajar. Kualitas akademik yang akuntabel juga menjadi acuan penting kami dalam memberikan pelayanan terbaik pada para pemangku kepentingan. Komitmen, kualitas, integritas, dan determinasi adalah empat prinsip yang menjadi panduan dalam meneruskan amanah para pendahulu kami. Sebagai bagian kecil dari sistem pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, kami ingin turut berperan aktif dalam pembangunan manusia Indonesia yang lebih baik.

Komitmen

Tugas dan tanggung jawab terbesar kami adalah menjaga komitmen sebagai pengajar dan pendidik. Komitmen untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam bekerja dan berkarya sesuai bidang keahlian.

Kualitas

Pemberdayaan SDM, pengembangan bidang ilmu, dan peningkatan kapasitas kelembagaan adalah bentuk pertanggungjawaban kami pada publik agar kualitas dan performa organisasi dapat terus meningkat.

Integritas

Atas nama prinsip integritas. kami selalu yakin dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika yang disertai oleh penghormatan pada prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, dan objektivitas.

Determinasi

Tekad disertai ketetapan hati adalah cara kami dalam membangun dan mengembangkan Program Studi Prancis sebagai bagian yang tak terpisahkan dari FIB UI tercinta.

Menjadi lembaga pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kajian negara-negara Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya, yang terkemuka secara nasional, regional, dan internasional.

  1. Mengembangkan pendidikan dan penelitian di bidang bahasa Prancis dan berbagai aspek kebudayaan Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang andal dan terpercaya dalam penguasaan Bahasa Prancis dan kemampuan mengkaji berbagai aspek kebudayaan Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang negara-negara Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya.

  1. Mendidik mahasiswa agar mahir berbahasa Prancis secara lisan maupun tertulis.
  2. Mendidik mahasiswa agar menguasai dasar-dasar ilmu budaya dalam kajian Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya.
  3. Mendidik mahasiswa agar mampu melakukan kegiatan mandiri serta mengamati perkembangan kajian Frankofon pada umumnya dan Prancis pada khususnya melalui berbagai kegiatan penelitian.

Sasaran dan strategi pencapaian disusun berdasarkan visi Program Studi Prancis FIB UI dengan mempertimbangkan berbagai kondisi sekarang, tantangan di masa depan yang berlandaskan pada keadaan sumber daya manusia Program Studi, infrastruktur yang dimiliki FIB UI, serta dinamika pada institusi Universitas Indonesia. Program Studi Prancis FIB UI merencanakan sasaran-sasaran sebagai berikut:

  1. Bidang Akademik:
    a. Meningkatkan kualitas dan jumlah produk akademik yang unggul dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
    b. Menata kurikulum Program Studi Prancis sesuai kepakaran SDM Akademik serta tuntutan kebutuhan masyarakat.
    c. Meningkatkan pelayanan akademik bagi mahasiswa dan pengajar dengan prinsip cepat, cermat, dan akurat.
  2. Bidang Sumber Daya Manusia:
    a. Meningkatkan kualitas kompetensi dosen melalui pendidikan yang lebih tinggi dan meningkatkan jumlah dosen yang berpendidikan S3.
    b. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa.
    c. Menata sistem dan pengelolaan kepakaran.
    d. Membangun dan menghimpun SDM dengan kepakaran yang tersedia untuk melakukan riset dan pengajaran.
    e. Memfasilitasi SDM baik tenaga akademik maupun non-akademik untuk mengikuti pelatihan dan seminar-seminar secara berkala.
  3. Bidang Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat:
    a. Meningkatkan aktivitas riset dan pengabdian masyarakat di kalangan dosen Program Studi Prancis FIB UI.
    b. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi berskala nasional dan internasional.
    c. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dalam bentuk buku teks dan buku ajar yang mudah diakses oleh khalayak umum.
    d. Berperan serta dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pengabdian kepada masyarakat melalui penyediaan narasumber pada bidang Ilmu Budaya.
  4. Bidang Kerja Sama:
    a. Meningkatkan kerja sama akademik dan menindaklanjuti MOU UI dengan pihak dalam maupun luar negeri yang sesuai dengan kebutuhan Program Studi Prancis FIB UI.
    b. Mendata dan melakukan evaluasi dari seluruh kerja sama yang berjalan di Program Studi Prancis FIB UI.
    c. Memperluas jaringan kerja sama guna meningkatkan kualitas akademik.
  5. Bidang Kemahasiswaan dan Alumni:
    a. Menata dan meningkatkan kualitas kegiatan kemahasiswaan.
    b. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan penalaran dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah mahasiswa.
    c. Memberdayakan dan meningkatkan keterlibatan alumni dalam berbagai kegiatan untuk memajukan Program Studi Prancis FIB UI.

Sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu menelaah teks sastra, bahasa, dan budaya dengan menggunakan pengetahuan bahasa Prancis dan konsep teoretis linguistik, susastra, serta sejarah-kebudayaan Prancis dan Frankofon serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Prancis serta lisan dan tulis pada tingkat lanjut (B2 menurut CECR – Cadre Européen Commun de Référence) dan menerapkan konsep-konsep tersebut di atas dalam penyelesaian masalah dengan penuh tanggung jawab.

  1. Mampu menegaskan argumentasi, baik lisan maupun tulisan menggunakan bahasa Prancis tingkat B2 menurut CECR (Cadre Européen Commun de Référence).
  2. Mampu menganalisis dan memecahkan masalah linguistik, susastra, dan sejarah – kebudayaan Prancis dengan menggunakan bekal konsep teoretis yang diperoleh.

  1. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian budaya.
  3. Mampu menjelaskan corak dan dinamika kebudayaan Indonesia.
  4. Mampu menguraikan ragam filsafat dan pemikiran modern.
  5. Mampu memaparkan manusia dan masyarakat Indonesia kekinian dan hubungannya dengan bangsa lain dalam konteks global.
  6. Mampu menganalisis prosa, drama, puisi,dan film Prancis dan Frankofon menggunakan berbagai metode/ pendekatan sastra dan budaya Prancis.
  7. Mampu menganalisis perkembangan sejarah kebudayaan masyarakat Prancis dan Frankofon sesuai konteks zamannya.
  8. Mampu menganalisis gejala-gejala bahasa menggunakan konsep dasar linguistik dalam penerjemahan, penyusunan kamus, dan pengkajian wacana.

  1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok.
  3. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik.
  4. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain.
  5. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.

Foto Sekilas

image

Foto bersama usai Sidang Promosi Terbuka Dr. Irzanti S. Sutrasno pada tanggal 15 Agustus 2014 di Auditorium Gedung IV FIB UI.

image

Foto bersama para duta besar dan perwakilan dari peserta ‘Semaine de la Francophonie 2013’ dengan pejabat-pejabat Universitas Indonesia, bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI.

image

Suasana evaluasi dan briefing panitia Festifrance 2012, sebelum gelar acara puncak ‘fashion show’ yang sangat ditunggu penonton, di Auditorium Gedung IX FIB UI.

image

Mahasiswa Berprestasi Program Studi Prancis tahun 2012 pada bidang akademik dan non-akademik. Foto ini diambil pada masa pengenalan kampus sekaligus menyambut kehadiran mahasiswa baru Program Studi Prancis Angkatan 2012.

image

Sebuah adegan antara tokoh Asterix dengan Dyah Pitaloka pada gelar ‘Petang Kreatif 2012’ yang diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi Prancis Angkatan 2012.

Fakta Sekilas

Kami akan menjawab email Anda dalam 24 jam, kecuali pada hari libur. Semua email yang masuk akan kami jaga kerahasiaannya.

Terima kasih telah menghubungi kami.

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty